Cari Blog Ini

Jumat, 03 September 2010

GELIAT BISNIS ONLINE YANG MENJANJIKAN DAN MENGGIURKAN

Penulis: Matius Sudiman, S.IP, S.Th

Bisnis online adalah usaha perdagangan barang dan jasa dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dioperasionalkan lewat internet. Bisnis online dalam perdagangan barang dan jasa sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan usaha perdagangan barang dan jasa secara konfensional hanya perbedaannya dalam penawaran dan transaksi jual beli dilakukan lewat internet. Dalam bisnis online komonditas yang di perjual belikan meliputi barang-barang konsumtif, jasa pelayanan, jasa konsultasi, informasi, jasa periklanan, pendidikan dan investasi. Dalam lingkup bisnis online ternyata begitu banyak ragamnya tetapi dalam penulisan artikel ini penulis tidak akan membahas seluruh item bisnis online yang ada tetapi hanya akan mengambil beberapa contoh yang sekiranya bisa dilakukan secara perorangan.
PEMAKSIMALAN USAHA PADAT KARYA DALAM BISNIS ONLINE
Dalam membangun sebuah bisnis setiap orang akan membayangkan akan ketersediaan modal yang cukup besar untuk pembeayaan berbagai macam kegiatan, misalnya untuk pembeayaan tempat usaha, untuk pembeayaan kost produksi, untuk menggaji karyawan, untuk beaya perijinan, untuk beaya pemasaran atau promosi dan lain-lain. padahal keuntungannya belum didapatkan.  Dalam kegiatan bisnis onlinepun juga tidak jauh berbeda dibutuhkan ketersediaan modal yang cukup. Namun demikian tidak semuanya harus begitu atau masih bisa disiasati, artinya masih ada yang bisa di tawar misalnya pengalihan dari usaha padat modal kepada usaha padat karya, pengalihan produksi usaha sendiri kepada produksi usaha orang lain dalam suatu bentuk kerjasama yang saling menguntungkan, dengan cara menawarkan dan menjual produk orang lain kepada para calon pembeli, sampai terjadi transaksi jual beli, dan bila terjadi transaksi jual beli maka pnjual jasa penawaran dan penjualan ini akan mendapat komisi.
      Contoh berikutnya adalah penjualan jasa penulisan presentasi, contoh ini adalah usaha padat karya yang membangun kepiawaian sebuah web site yang memiliki banyak pengunjung sehingga dipercaya oleh perusahaan untuk mempresentasikan produk-produknya.
       Contoh selanjutnya penjualan jasa informasi. informasi itu sesungguhnya komomnditas yang laku dijual apabila informasi itu sangat dibutuhkan orang banyak. Misalnya seorang pengusaha yang ingin menguasai pasar ia membutuhkan informasi tentang kebutuhan pasar.
Usaha penjualan jasa informasi adalah usaha padat karya yang membangun dirinya menjadi seorang nara sumber atau pakar yang kaya dengan berbagai informasi, yang dibangunnya dengan berbagai kegiatan riset, studi pustaka, percobaan, penelusuran dan analisis, mengimplementasikan teknologi dan mereproduksi pengetahuan dan keterampilan.
      Contoh berikutnya adalah usaha bisnis online berbentuk infestasi yaitu penjualan domain web site yang menghasilkan uang bila terjadi transaksi dalam domain yang dibeli dan dikelolanya, sebagai contoh adalah domain web site SMUO (Sistem Mesin Uang Otomatis), dalam pengoperasiannya web site ini dijual dan pembayarannya dengan transaksi lewat transfer antar bank setelah terjadi transaksi maka pembeli akan mendapatkan web site yang bisa dipromosikan dan apabila terjadi transaksi melalui web site yang dipromosikan maka promotor (sponsor atau reseler) mendapat keuntungan. penjualan domain web site seperti yang dicontohkan diatas salah satunya adalah bisnis online formulabisnis untuk lebih jelasnya kunjungi web site formulabisnis di (http://www.formulabisnis.com/?id=sudiman)
DALAM BISNIS ONLINE DIBUTUHKAN PULA MODAL UNTUK TRANSAKSI PEMBELIAN AWAL DAN PENGEMBANGAN
Sesederhana apapun bisnis online tetap membutuhkan modal untuk berbagai transiaksi dan pengoperasian.
Pertama pengeluaran yang terjadi saat mengakses diinternet pengeluarannya jelas membayar langganan hotspot atau pembayaran pulsa modem prabayar atau membayar warnet andaikata satu jam saja dalam sehari diwarnet dalam satu bulan bisa mencapai sembilan puluh ribu rupiah. Dalam bisnis online jika Sistem Mesin Uang Otomatis yang dipilihnya, maka akan diperlukan beaya awal transaksi pembelian domain web site harga domain web site sangat berfariasi andaikata dipilih yang seharga Dua ratus Lima puluh ribu ripiah minimal memiliki buku tabungan dengan saldo Tiga ratus ribu rupiah, nah selanjutnya beaya operasional lanjutan yaitu pembayaran langganan iklan domain web site yang dipromosikan kurang lebih Lima puluh ribu perbulan coba lihat daftar beaya operasional pada bulan pertama memulai berbisnis online.
NO
URAIAN PENGELUARAN
JUMLAH
1
Beaya akses di internet
Rp.   90.000,-
2
Beaya transaksi pembelian domain web site
Rp. 250.000,-
3
Beaya operasional langganan iklan/promosi web site
Rp.  50.000,-
Jumlah
Rp. 390.000,-
    
Untuk bulan berikutnya hanya dibutuhkan beaya akses diinternet dan beaya promosi.
Untuk pengembangan berikutnya bisa dilakukan dengan pemanfaatan blog, untuk merilis blog konsultasikan secara berkala dan gratis pada penulis lewat E-mail: sudimansip@yahoo.com atau Gmail: sudimansip@gmail.com  atau lewat SMS HP 081329197074 atau HP 08812758769, jika anda ingin mempelajari Sistem Mesin Uang Otomatis silahkan mengunjungi web site fornulabisnis di http://www.fomulabisnis.com/?id=sudiman silahkan anda mencoba atau mempelajari bisnis ini mengenalkan dan menjual domain web site yang disertai informasi tentang membangun bisnis online, jika anda membeli maka otomatis anda menjadi penjual (Reseler) atau promotor artinya anda sudah memulai berbisnis anda akan mendapat keuntngan jika terjadi transaksi pembelian domain lewat domain yang anda tawarkan.
DIPERLUKAN KEGIGIHAN UNTUK MENGELOLA BISNIS INI KARENA BERBASIS USAHA PADAT KARYA
Memang tidak mudah menjual domain web set SMUO (sistem mesin uang otomatis) sebab pada dasarnya setiap orang memiliki sifat yang sama yaitu tidak mau kehilangan uang atau dirugikan atau mengeluarkan uang tanpa memperoleh sesuatu apakah itu berupa barang kunsumtif atau jasa pelayanan atau infestasi. Pembelian Domain web site SMUO (siesem mesin uang otomatis) sesungguhnya adalah transaksi melakukan infestasi dan pembelian jasa informasi yang sangat berguna, artinya komonditas dalam bisnis ini jelas pertama Investasi langsung atau jangka pendek dan yang kedua membeli jasa informasi adalah investasi tak langsung atau jangka panjang. Investasi langsung bisa dikelola, dipelihara atau dimenjemen secara langsung yang pasti membutuhkan tenaga, pikiran waktu dan beaya operasional tetapi pada gilirannya bisa menghasilkan uang. yang kedua informasi adalah investasi tak langsung yang bersifat pembelajaran yang bisa dipelajari memang membutukan tenaga, pikiran, waktu dan pengeluaran paling tidak untuk beaya akses diinternet tetapi informasi ini akan memperkaya pengetahuan dan keterampila anda yang pada gilirannya akan bermanfaat untuk mencari uang. Mungkin anda bisa mencoba dan memulainya atau mempertimbangkan karena menyangkut beaya, tenaga, pikiran dan waktu. paling tidak anda harus menyediakan modal awal dan lanjutan kemudian tenaga, pikiran dan waktu untuk mengoperasionalkan.
        Demikian artikel ini penulis persembahkan kepada para pengunjung namun demikian penulis menyadari bahwa artikel ini hanya sekedar informasi yang terlalu sedikit dan dengan artikel ini penulis hanya ingin memberika informasi tentang peluang untuk mencari uang dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sesungguhnya banyak uang berada dimana-mana, disekitar anda, disebelah kanan anda, disebelah kiri anda, didepan anda dan dibelakang anda tetapi anda tidak bisa meraihnya karena keadaan gelap, tetapi dalam keadaan gelap ini penulis hanya ingin memberikan sebuah lampu senter yang akan membantu anda untuk melakukan pencarian.
Jangan cepat menyrah atau putus asa, tidak gampang memang perlu banyak melakukan pengorbanan waktu, pikiran uang. tetapi jadikanlah bisnis online ini sebuah hobi atau gaya hidup yang bermanfaat untuk menghasilkan uang dan memotifasi hidup anda. Semoga anda sukses dan Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar