Cari Blog Ini

Rabu, 29 September 2010

MENYUSUN STRATEGI HIDUP PELAKU BISNIS ONLINE


Penulis: Matius Sudiman, S.IP, S.Th
 
 
Kinerja bisnis online yang kian marak dan berkembangan semakin menuntut profesionalisme para pelaku bisnis online. Tuntuntan profesionalisme bagi pelaku bisnis online adalah tuntutan suatu kinerja yang produktif juga mampu bertahan, tidak gampang menyerah, atau putus asa, sabar dan telaten menunggu serta bersikap optimis. Pada dasarnya pelaku bisnis online memang benar-benar sosok yang tangguh tidak instan kalau ingin sukses. Sebab untuk bisa sukses bahkan ini berlaku dibidang apapun termasuk juga bisnis online memerlukan proses perjalanan waktu dan pergumulan.
Untuk memungkinkan semuanya itu perlu menyusun strategi hidup pelaku bisnis online. Pertama harus menentukan tujuan atau visi yang jelas suatu gambaran apa yang ingin dicapai terlebih dulu misalnya ingin menjadi seorang "enterpreneur" atau menjadi seorang "selebloger" atau apapun yang anda bayangkan.
Setelah anda memiliki gambaran yang jelas tentang visi anda, barulah anda merencanakan suatu strategi hidup untuk mencapai visi tersebut, artiya semua kinerja kegiatan dan kinerja keuangan anda mengarah kepada visi tersebut.
 
TIGA TAHAB KINERJA KEGIATAN DAN KINERJA KEUANGAN UNTUK MENCAPAI VISI
Untuk menentukan langkah secara pasti marilah kita mengamati perilaku petani dalam bercocok tanam melalui tiga tahab.
Pertama adalah tahab menabur, antara lain mempersiapkan lahan mengolah tanah dan memupuknya kemudian penebaran benih setelah benih tumbuh baru ditanam kelahan pertanian. Setelah penanaman barulah tahab berikutnya adalah pemeliharaan, tanaman yang mulai tumbuh dirawat, dibersihkan dari rumput liar, dihindarkan dari serangan hama tanaman supaya hasilnya produktif nantinya, setelah pemliharaan barulah tahab berikutnya yaitu penuaian atau panen raya. Ini adalah gambaran yang sederhana yang bisa kita ambil pelajarannya seperti juga halnya membangun bisnis online untuk mencapai suatu visi yang sudah ditentukan perlu melalui tiga tahab utama. Pertama adalah tahab menabur anda harus sudah memulai membuat  strategi kegiatan, strategi keuangan, anda perlu mengkalkulasi jumlah kegiatan dengan ketersediaan waktu, juga mengkalkulasi keuangan, jumlah pengeluaran dengan ketersediaan dana dari pendapatan anda. Kondisi kegiatan dan kondisi keuangan setiap orang memang berbeda-beda hal ini yang meyebabkan berbeda-beda juga dalam mengatur strategi hidup. Strategi hidup bagi setiap orang tidak bisa diseragamkan karena situasi dan kondisi yang berbeda-beda, maka setiap kondisi dan situasi perlu diakomodasi secara detail sebagai contoh misalnya:
1- Seorang pria atau wanita lajang bekerja dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00.
2- Seorang pria atau wanita lajang bekerja dengan tiga sift
3- Seorang pria atau wanita lajang bekerja sambil kuliah
4- Seorang pria atau wanita yang sudah menikah belum memiliki anak bekerja seperti contoh no.1 dan 2
5- Seorang pria atau wanita sudah menikah memliki anak satu atau lebih bekerja seperti pada contoh no.1 dan 2
6- Seorang pria atau wanita yang sudah menikah belum memiliki anak atau sudah memiliki anak satu atau lebih bekerja sebagai pengusaha dan  masih
    banyak lagi contoh lainnya.
Yang jelas sangat berfariasi dari masing-masing kondisi yang berbeda-beda perlu dikalkulasi kebutuhan waktu dan ketersediaan waktu untuk menyusun strategi kegiatan. Misalnya berapa waktu yang dibutuhkan untuk bekerja katakanlah 8 jam, berapa waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan ketempat pekerjaan dan pulang dari pekerjaan misalnya 1 jam, berapa waktu ang dibutuhkan untuk ibadah, berapa waktu yang dibutuhkan untuk keluarga, berapa waktu yang dibutuhkan untuk masyarakat. Diantara waktu yang sudah kita bagi-bagi, sediakan waktu untuk mengakses internet, membaca buku, meliput peristiwa, mengunjungi nara sumber informasi misalnya Badan Pusat Statistik, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Imigrasi, Pengadilan Negeri, KUA Kecamatan untuk mendapatkan informasi-informasi penting, menulis artikel dan jangan lupa menyediakan waktu untuk istirahat, bersantai dan , sediakan waktu juga untuk mengunjungi relasi, teman, costumer, walaupun hanya lewat HP, E-mail, Gmail, Facebook, Twiter dan lain-lain.
Jangan lupa juga menyediakan waktu untuk berolah raga walaupun hanya 15 menit saja misalnya lari-lari ditempat atau senam dihalaman rumah atau didepan rumah. Waktu istirahat dan berolah raga ini sangat penting untuk kesehatan anda. Penulis pernah membaca iklan yang berbunyi demikian "Pada masa muda seseorang mengorbankan kesehatannya untuk mencari uang tetapi menjelang usia tua ia harus mengorbankan uangnya untuk mendapatkan kesehatannya kembali"  jangan membarter kesehatan anda dengan uang. Memang mencari uang itu penting dan harus tetapi jangan mengorbankan kesehatan anda untuk mencari uang. Pada zaman nabi Musa dalam Kitab Taurat Tuhan Allah memberlakukan hari sabat yaitu hari perhentian satu hari dalam seminggu, pada hari sabat manusia tidak derbolehkan melakukan pekerjaan apapun kecuali berdoa. Ini sangat berguna bagi kelangsungan hidup umat manusia pemulihan energi yang telah hilang karena kelelahan fisik, kelelahan emosi dan kelelahan otak untuk dipulihkan kembali pada kondisi normal. Itu sangat berguna untuk kesehatan kita. Setelah anda mengetahui semuanya itu barulah membuat jadwal kegiatan perhari, perminggu, perbulan, pertahun bakan perlimatahunan. buatlah kolom seperti berikut ini
 
JAM
04.00/06.00
07.00/16.00
17.00/19.00
19.00/21.00
21.00/22.00
22.00/04.00
Senin
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Selasa
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Rabu
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Kamis
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Jum'at
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Sabtu
Berdoa/olah raga
Bekerja
Mengakses Internet
Membaca buku
Berdoa
Tidur
Minggu
 
 
 
 
 
 
 
 
Setelah anda membuat jadwal kegiatan buatlah juga pembukuan keuangan per bulan seperti contoh berikut ini
 
No.
Pemasukan
Pengeluaran
Saldo Tabungan
1
Gaji / Penghasilan
Rp. 900.000,-
Beaya hidup
Rp. 600.000,-
 
 
 
 
Operasional bisnis
Rp. 150.000,-
 
 
 
 
Tabungan Investasi
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mengatur keuangan pengopersian bisnis online per Bulan
 
No
Pemasukan
Pengeluaran
Saldo Tabungan
1
Plot anggaran operasional bisnis
Rp. 150.000,-
Beaya akses internet
Rp. 90.000,-
rencana produksi web site
Rp. 150.000,-
 
Plot anggaran tabungan untuk rencana produksi web site
 Rp. 150.000,-
Beaya Iklan web site yang dikelola
Rp. 50.000,-
Tabungan membeli buku
Rp.  10.000,-
 
 
 
Tabungan pembelian buku
Rp. 10.000,-
 
 
 
 
 
 
 
Jumlah
Rp. 160.000,-
 
Perhatikan kegiatan penting untuk membangun bisnis online disamping kegiatan ruting pekerjaan anda
 
1-
Mengakses internet.
Untuk berbisnis diinternet tidak bisa dilepaskan dari kegiatan mengakses internet. Untuk kegiatan mengakses internet sesuaikan dengan ketersediaan waktu dan keuangan anda.
2-
Kegiatan Menimba atau memperkaya Ilmu Pengetahuan, Pengetahuan dan keterampilan
Kegiatan memperkaya pengetahuan dan keterampilan sangat penting bagi pelaku bisnis online karena komonditas andalan pelaku bisnis onlline adalah informasi dan harus pintar merefleksikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan juga informasi, bisa dilakukan dengan membaca buku, melakukan riset, melakukan peliputan peristiwa penting. Untuk membaca buku bisa dilakukan dengan menjaga buku koleksi pribadi atau mengunjungi perpustakaan umum didaerah atau dikampung jangan lupa membawa buku catatan beserta alat tulisnya untuk mencatat hal-hal yang penting untuk diketahui
3-
Kegiatan Riset
Kegiatan riset penting sekali untuk dilakukan, untuk mengetahui data-data dan informasi penting terkini. Jangan ragu-ragu melakukan riset atau takut-takut melakkan riset sekalipun anda tidak memiliki basic sarjana anda bisa belajar teknik riset melalui buku-buku metodologi riset, sebab informasi dari hasil riset anda sangat dibutuhkan banyak orang
4-
Kegiatan Peliputan Peristiwa
Kegiatan peliputan peristiwa dikota anda sangat penting misalnya peristiwa tentang event pariwisata, event olah raga, event seni dan budaya atau peristiwa lain yang mempunyai nilai berita atau informasi atau data-data terkini. Jangan ragu untuk bertanya kepada nara sumber bahkan nara sumber resmi misalnya Badan Pusat Statistik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kantor Imigrasi, Dinas Pariwisata, Pengadilan Negeri, Kecamatan, KUA. Kecamatan atau instansi lainnya untuk memperkaya perbendaharaan anda tentang informasi dan data-data terkini.
5-
Kegiatan Menulis Artikel
Kegiatan menulis artikel adalah suatu andalan seorang pelaku bisnis online karena seorang pelaku bisnis online harus bisa membangun kepiawaian sebagai penulis artikel di blog. Menulis apa saja yang kamu kuasai atau kamu ketahui yang berguna bagi orang lain, tapi ingat jangan menyinggung perseorangan atau institusi yang membahayakan diri anda sendiri. banyak topik-topik yang menarik yang berguna bagi orang lain yang bersifat pembelajaran atau mendidik bukan fitnah atau memusuhi perorangan atau golongan atau institusi.
Informasi anda sangat berguna bagi siapapun, jangan mengecilkan diri didunia maya seorang profesor Doktor pun butuh informasi anda, dalam dunia maya tidak ada persyaratan secara formal misalnya harus memiliki pendidikan formal atao jabatan formal. Anda dihargai oleh karena informasi yang anda sumbangkan kepada publik bukan karena pendidikan formal atau jabatan formal.
Untuk membaca buku, melakukan riset, melakukan peliputan dan menulis artikel, sediakan waktu dalam jadwal kegiatan anda. Setelah anda mempunyai jadwal kegiatan, buatlah juga pembukuan kegiatan keuangan. Kalkulasikan berapa besar penghasilan anda sebulan akomodasikan untuk beaya hidup, tabungan operasional bisnis online, tabungan investasi, tabungan kegiatan sosial, tabungan perawatan kendaran, tabungan perawatan rumah, tabungan kesehatan. Kegiatan ini barulah dalam tanab menabur.
Berikutnya adalah Tahab Pemeliharaan atau perawatan.
Langkah selanjutnya sesudah anda siap materi memiliki modal dan memulai bisnis online. Andaikata anda memilih SMUO (sistem mesin uang otomatis) sebagai investasi awal bisnis anda, cobalah kunjungi web site  formulabisnis di http://www.formulabisnis.com/?id=sudiman dan mulai mengelola web blog untuk menayangkan karya-karya anda utnuk mempromosikan diri anda sendiri dan web site bisnis anda teruslah tetap berkarya untuk meproduksi atau mereproduksi pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki misalnya menulis artikel seperti berikut ini:
*
Artikel tentang budidaya tanaman hias
*
Artikel cara membuat roti kering atau roti tart
*
Artikel cara bagaimana memelihara anjing
*
Artikel bagaimana cara membuat sop matahari
*
Artikel bagimana mengurus surat izin perusahaan
*
Artikel bagaimana merawat kecantikan
*
Artikel bagaimana cara memotong pakaian atau membuat baju
*
Artikel bagaiman merakit CPU
*
Artikel bagaimana cara memproduksi sepatu
dan masih banyak lagi contoh-contoh lain yang anda bisa dan diputuhkan oleh orang lain. yang anda bisa produksi baik dengan format pdf ataipun word yang nantinya bisa anda jadikan bonus atau hadiah bila anda sudah memproduksi web site bisnis SMUO sendiri. masa memelihara atau merawat adalah masa anda mempromosikan web site anda atau penawaran jasa kepada pemakai jasa anda. Memang tidak gampang juga mempromosikan sebuah produk barang dan jasa secara online. Mungkin anda telah gencar mempromosikan produk barang dan jasa anda mengiklankan lewat web blog, lewat e-mail, lewat gmail, lewat facebook, lewat Twiter atau lewat HP, sepertinya anda sudah kehabisan cara untuk memperkenalkan diri menawarkan barang dan jasa, sepertinya tidak ada orang berminat akan tawaran anda. Tapi janganlah cepat putus asa, jangan cepat menyerah, sementara anda sedang menawarkan barang dan jasa, anda tidak sadar bahkan tidak tahu ternyata ada orang yang sedang sibuk mencari barang dan jasa yang sedang anda promosikan. Nah bedoalah untuk itu supaya anda dipertemukan kepada orang yang sedang mencari barang dan jasa yang anda tawarkan.
Yang terakhir adalah Masa Penuaian atau masa panen raya.
Masa penuaian atau panen raya adalah saat yang paling anda nanti-nantikan adalah saat-saat anda bertemu dengan orang yang membutuhkan barang dan jasa anda. Masa penuaian atau panen raya terjadi setelah web site SMUO yang anda promoskan terjadi transaksi dan web blog yang anda kelola dipercaya mengklankan produk-produk orang lain. Penawaran barang dan jasa anda mendapat respon, permintaan, pemesanan mulai berdatangan, permohonan anda mulai mendapat persetujuan, blog anda mulai mendapat kunjungan banyak orang anda dikenal dimana-mana, ucapan selamat berdatangan dari mana-mana, penghasilan mulai meningkat, rekening tabungan anda mulai bertambah saldonya. anda mulai merencanakan untuk meluncurkan produk=produk baru karena dana tersedia untuk mengembangkan usaha anda.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar