Cari Blog Ini

Rabu, 15 September 2010

PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA BISA DENGAN PEMANFAATAN INTERNET


Penulis: Matius Sudiman, S. IP, S.Th
Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan sumber daya manusia andaikata bisa diberdayakan secara maksimal, maka Indonesia akan menjadi negara yang paling makmur di Asia Tenggara. Cuma bagaimana caranya memberdayakan SDM secara maksimal. Mungkin kehadiran teknologi informasi dan komunikasi bisa mempercepat pemaksimalan SDM di Indonesia. Keberadaan internet di Indonesia sangat mudah dijumpai dan bisa dijangkau dengan kemampuan keuangan rata-rata penduduk di Indonesia walaupun hanya satu atau dua jam saja dalam sehari tetapi itu sudah cukup bisa belajar banyak.  Persyaratan untuk bisa mengakses informasi di internet hanya dibutuhkan kemampuan membaca, sedangkan SDM rata-rata di Indonesia tidak ada orang yang buta huruf kalau toh ada jumlahnya sangat sangat kecil dan dalam usia yang tidak produktif, artinya andaikata diberdayakan SDM di Indonesia sangat potensial sekali.
Memang sebagian SDM di Indonesia sudah mengenal bahkan memanfaatkan internet tetapi dalam kemanfaatannya belum bisa maksimal. Internet hanya dimanfaatkan sebagai media hiburan dan mencari berita. Pahahal kalau dimanfaatkan secara maksimal internet bisa menjadi media pembelajaran meningkatkan pengtahuan dan keterampilan, internet bisa berfungsi sebagai perpustakaan, bisa sebagai nara sumber, bisa menjadi media bisnis, sebagai kamus, konkordansi dan sebagainya yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan akan informasi, namun dalam kenyataan pemanfaatan internet di Indonesia memang belum maksimal. Dari hasil riset penulis disejumlah warnet di Solo dan sekitarnya tentang pengunjung warnet menunjukkan sebagian besar adalah anak usia sekolah dan anak sekolah, dari sebagian besar pengunjung warnet dalam pemanfaatannya hanya sebagai media hiburan misalnya Game online dan berita-berita terkini. berarti internet dalam kemanfaatanya belum maksimal sebagai media pembelajaran atau peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM di Indonesia yang sebenarnya bisa meningkakan taraf hidup SDM di Indonesia.
PENGENALAN MEDIA BISNIS DIDUNIA INTERNET SEBAGAI PENINGKATAN TARAF HIDUP DAN KECERDASAN SDM DI INDONESIA
Salah satu kemanfaatan internet adalah sebagai media bisnis yang memiliki keanekaragaman sangat lengkap. Lalu apa hubungannya tentang keberadaan media bisnis diinternet dengan pemberdayaan SDM? ya tentu ada hubungannya, dengan menggeliatnya bisnis online diinternet akan memberikan banyak peluang bagi setiap orang yang gemar melakukan perburuan diinternet, bisnis online didunia maya menawarkan banyak peluang kepada berbagai kalangan, berbagai tingkat kepemilikan modal, berbagai tingkat penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Ada penawaran untuk kalangan bermodal besar tapi ada juga penawaran bagi pemilik modal kecil, ada penawaran bagi SDM yang memiliki tingkat penguasaan teknologi informasi dan komunokasi pada tingkatan yang tinggi tapi ada juga bagi SDM yang memiliki penguasaan teknologi pada tingkatan sedang-sedang saja bahkan seorang awam didunia mayapun bisa mendapat peluang ikut meramaikan bisnis online, dan ini sangat berdampak bagi setiap SDM, sebab sifat SDM adalah dinamis dan progresif dari awam menjadi tahu, dari tahu menjadi terampil, dari terampil menjadi sangat terampil dan terus berkembang semakin menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
Pembelajaran SDM lewat internet adalah pembelajaran SDM dengan sistem terbuka, bebas, tanpa batas ruang dan waktu, tanpa tekanan, tanpa ada yang mengontrol, tanpa tuntutan prestasi setiap orang bebas menentukan targetnya sendiri, mandiri atas kemauan sendiri, sehingga dalam penguasaan materi sangat berfariasi ada yang cepat ada yang lambat semua sangat dipengaruhi oleh faktor motifasi dan kemampuan memotifasi diri sendiri.
BISNIS SMUO (SISTEM MESIN UANG OTOMATIS) ADALAH SALAH SATU ALTERNATIF
Diantara keanekaragaman bisnis online yang ditawarkan ada yang paling mudah untuk dilakukan bagi SDM yang baru belajar atau baru mengenal bisnis didunia maya. Bisnis online SMUO diproduksi dan dipasarkan dengan berbagai bentuk dan daya tarik untuk menguasai pasar bisnis online. bagi para pemula ini adalah kesempatan memang untuk memproduksi SMUO dibutuhkan beaya yang besar termasuk produksi informasi sebagai paket tambahan untuk menarik pembeli sebagai bonus atau hadiah tambahan. Tetapi bagi para pemula bisa memulai dengan membeli produk dan memasarkannya.
Membeli dan memasarkan produk SMUO sesungguhnya sudah memulai berbisnis walaupun tidak memproduksi sendiri, artinya harus dikelolanya seolah-olah produk milik sendiri, harus didoakan sesuai dengan agama atau kepercayaan yang diyakini.
Pemikiran yang salah tentang bisnis online SMUO adalah membeli produk SMUO lalu dibiarkan sampai terjadi transaksi dengan sendirinya keuntungan akan berdatangan dengan sendirinya. Sebagai contoh adalah bisnis secara konvensional misalnya menjelang hari Raya Kurban atau Idul Adha harga kambing pasti mahal untuk berinvestasi jauh-jauh sebelum Idul Adha kita membeli anak kambing dengan harapan pada saat tiba hari Raya Idul Adha anak kambing itu sudah menjadi besar dan bisa dijual dengan harga yang mahal, tetapi untuk mencapai kambing itu menjadi besar tidak bisa dibiarkan saja cari makan sendiri masuk kandang sendiri menjadi besar sendiri itu tidak bisa, kambing itu harus dirawat, dikasih makan jika kita tidak sempat untuk mencarikan makan kita harus membayar orang untuk mencarikan makan untuk kambing kita, jika kambing itu mulai sakit-sakitan harus kita belikan obat, kambing itu harus kita mandikan supaya tidak gampang sakit kulit, apabila kulitnya mulai gatal-gatal harus kita obati sehingga kambing itu menjadi besar dan sehat tidak sakit-sakitan sebab kalau kambing itu sakit-sakitan tidak laku dijual bahkan bisa mati harapan kita inginnya untung tapi malah rugi mending uangnya disimpan saja malah masih utuh. Berbisnis online seperti SMUO ibaratnya investasi memelihara kambing harapan kita pasti untung tetapi bukan tanpa kerja keras tanpa beaya. Tetapi harus kita kelola, kita tawarkan, kita perkenalkan, kita iklankan, membutuhkan banyak tenaga memang, pikiran dan beaya tambahan, kita doakan supaya apa yang kita harapkan menjadi kenyataan. Inilah pembelajaran SDM yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja semoga bermanfaat bagi anda dan memotifasi anda terimakasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar