Cari Blog Ini

Rabu, 22 September 2010

KINERJA BISNIS ONLINE MENCIPTAKAN SISTEM EKONOMI TERKINI


Penulis: Matius Sudiman, S.IP, S.Th
 
 
Kehadiran bisnis online didunia maya semakin nampak dan mempengaruhi perilaku manusia pada masa kini, karena interaksi antar pribadi tidak lagi dibatasi oleh keterbatasan ruang, waktu dan batas-batas wilayah hukum. Dalam melakukan interaksi bisnis baik penawaran, permintaan sampai terjadi transaksi, tidak dibatasi oleh berbagai perbedaan atau berbagai keanekaragaman, semua terjadi tanpa membedakan golongan ekonomi kuat, golongan ekonomi lemah, golongan agama, golongan politik, golongan idiologi, golongan ras atau suku bangsa. Kalau dilihat dalam perjalanan waktu pada era sebelumnya, sistem ekonomi dipengaruhi oleh pandangan hidup dari negara dan bangsa, dalam negara yang mempunyai pandangan bahwa pemerintah tidak dominan dalam pemenuhan kebutuhan warganya, maka sepenuhnya atau sebagian besar masyarakatlah yang menentukannya. Sebaliknya pandangan hidup bangsa dan negara yang memandang bahwa masyarakat perlu diatur karena kedudukan masyarakatnya yang lemah, maka pemerintah justru memegang kunci dalam pengaturan ekonomi. Pandangan yang pertama dikenal dengan ajaran faham individualis yang melahirkan sistem ekonomi kapitalis, sedang pandangan  yang kedua diilhami oleh ajaran faham komunis yang melahirkan sistem ekonomi komunisme. Dalam perkembagannya kedua pandangan ini mengalami perubahan karena tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman dan memiliki banyak kelemahan. Pada sistem ekonomi kapitalisme dalam perkembangannya lahir sistem ekonomi kapitalisme modern, sedang dalam sistem ekonomi komunis lahir sistem ekonomi sosialis liberal.
 
PERBEDAAN BERBAGAI SISTEM EKONOMI
Sistem ekonomi kapitalis memiliki dua jenis yaitu sistem kapitalis murni dan sistem kapitalis modern. Dalam sistem kapitalis murni adalah seperti sebagai berikut ini. Gambaran bahwa tingkat kebebasan dari anggota masyarakat sangat tinggi, yaitu kebebasan mengkonsumsi dan memilih pekerjaan tetapi perlu direnungkan apa yang dimaksudkan sebenarnya dengan kebebasan tersebut adalah kurang berarti bagi mereka yang mempunyai pendapatan sangat terbatas. Kebebasan individu dalam sistem ekonomi seperti ini mempunyai aspek negatif karena tidak seorangpun akan bertanggungjawab atas kemakmuran orang lain diluar dirinya, bila seseorang tidak mempunyai pekerjaan, maka dia akan memikul segala  akibatnya, demikian juga bila suatu perusahaan bangkrut maka perusahaan tersebutlah yang akan memikul segala akibat yang timbul. Dalam sistem ekonomi seperti ini hubungan diantara masyarakat menjadi "antagonis" dan tidak akan hamonis masyarakat akan bertemu sebagai pembeli disatu pihak dan penjual di lain pihak, sebagai pekerja dan diperjakan dan bertemu sebagai saingan, dalam sistem ekonomi kapitalisme murni, masalah ekonomi akan dipecahkan melalalui kompetisi dan kompetisi yang tajam dapat melahirkan monopoli dengan segala kemungkinan buruknya. Keburukan yang dimaksudkan antara lain kemungkinan terjadinya penghisapan terhadap pembeli dengan jalan membatasi produksi atau mempertinggi tingkat kejarangan untuk mencapai keuntungan yang besar oleh para pemilik usaha, monopoli dapat menghisap para pekerja dengan menekan tingkat upah serendah mungkin dan akibat yang paling buruk adalah monopoli itu sendiri akan dapat mematikan unsur persaingan yang berarti dalam perputarannya menghancurkan sistem kapitalis itu sendiri.
Dalam sistem kapitalis modern, benda-benda konsumsi diproduksi berdasarkan keinginan dari para konsumen. Mereka berpendapat persaingan selamanya harus dipertahankan melalui mekanisme pasar hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh John Stuart Mill, lebih dari seratus tahun yang lalu. Tetapi mereka menyadari kalau semua inisiatif diserahkan kepada pengusaha swasta, maka seluruh kebutuhan konsumen yang dianggap perlu tidak akan dapat terpenuhi. Mereka mengetahui kemungkinan terjadinya apa yang dinamakan "kegalan pasar". Kegagalan pasar akan terjadi, misalnya sebagai akibat pasar pengusaha swasta enggan untuk memprodiksi sesuatu benda atau jasa, karena beranggapan bahwa usaha tersebut tidak menguntungkan, atau kalaupun menguntungkan maka modal yang dibutuhkan sangat besar dan tidak terpikul oleh para pengusaha swasta, dengan demikian mereka menjadi berpendapatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut membutuhkan badan lain di luar para pengusaha swasta yaitu pemerintah.
Mengenai pemilihan pekerjaan, dalam sistem ekonomi kapitalisme modern, kebebasan memilih pekerjaan oleh masing-masing individu tetap dipertahankan. Karena mereka menyadari kebebasan tersebut tidak berarti jaminan untuk mendapat pekerjaan pada hal yang disebut terakhir ini penting sekali. Mereka menjadi beranggapan, perlu untuk mencapai full employment. Usaha tersebut dalam pelaksanaannya tidak terbatas hanya oleh pihak swasta tetapi juga oleh pemerintah bila memang kehadirannya dibutuhkan. Dengan demkian akan terlihat, negara juga menjadi berperan dalam menciptakan lapangan kerja atau usaha yang berhubungan dengannya, seperti antara lain proyek investasi pemerintah. latihan-latihan para pekerja. Demikian juga penganut sistem ekonomi kapitalisme modern mengetahui, kekuatan pasar dalam keadaan tertentu terlebih dalam jangka pendek, dapat menimbulkan aksi sefihak yang dianggap merugikan pihak lain, seperti misalnya masalah harga tenaga kerja dalam keadaan perekonomian dilanda pengangguran. Melihat kemungkinan tersebut mereka jadi menganggap perlu diterapkannya gaji minimum, pajak atas laba, pajak pendapatan buruh, dan peraturan-peraturan lain yang dianggap ada hubungannya. Masyarakat yang menganut sistem ekonomi kapitalisme modern, menyadari kemungkinan ini. Sehingga kita akan melihat dalam kenyataannya tingkat tabungan dan tingkat investsi, tidak lagi ditentukan oleh masing-masing individu secara murni. Malah dapat dikatakan ia ditentukan oleh pemerintah baik melalui tindakan yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Tindakan-tindakan tersebut dapat berupa tindakan moneter, tindakan perpajakan atau peraturan-peraturan hukum lainnya.
Lain halnya dengan sistem ekonomi komunis. Dalam sistem Ekonomi komunis negara mempunyai kekuasaan penuh dalam pengaturan produksi dan konsumsi. Sehubungan dengan hal itu maka alat-alat produksi harus berada ditangan negara. Seperti diketahui bahwa dengan adanya revolusi industri barang-barang kebutuhan dapat diproduksi secara masal dan murah akibat digunakannya alat-alat produksi. namun demikianlah adanya peningkatan produksi ini, tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan buruh bahkan sebaliknya. Dalam sistem ekonomi komunisme nampak sistem harga tidak lagi menentukan arah dari pada rencana. Para konsumen tidak menentukan apa yang akan diproduksi, para menejer perusahaan tidak bertindak secara bebas atas dasar harga dan beaya. Perencana ekonomi tidak akan bekerja atas dasar harga dalam menjamin apa yang dibutuhkan dalam waktu dan jumlah yang tepat, karena para konsumen dapat dipaksa untuk menerima apa yang diproduksi, dan anggota masyarakat dapat dipaksa untuk bekerja sesuai dengan yang telah direncanakan.
Berbeda lagi dengan sistem ekonomi sosialis liberal. Dalam sistem sosialis liberal dapat dikatakan distribusi pendapatan secara lebih merata, akan tetapi hal ini nantinya yang akan menimbulkan masalah besar dalam sistem perelonomian tersebut. Karena ajaran ini bertitik tolak dari ajaran Mark yang dalam dirinya telah mengandung kesalahan besar, maka di dalam sistem tersebut tidak akan terdapat pasar modal. Bila demikian halnya, kemungkinan timbulnya inflasi, deflasi, stagflasi. Dan bila pemerintah bertindak untuk menutupi ketimpangan dalam permintaan dan penawaran dana investasi dengan melakukan tindakan penciptaan kredit, maka akibatnya adalah inflasi. Dan pengatasannya tentu sama dengan yang telah diutaran sebelumnya yaitu tindakan penjatahan.
 
 SISTEM BISNIS ONLINE DALAM PANDANGAN YANG TIDAK TERIKAT
Dalam bisnis online tidak terikat oleh padangan sistem ekonomi yang monopoli apalagi memaksa, baik sistem ekonomi kapitalisme murni atau sistem ekonomi kapitalisme modern atau sistem ekonomi komunisme atau sistem ekonomi sosialisme liberal. Dalam bisnis online tidak membatasi individu untuk kaya tapi juga tidak ada sistem monopoli para penguasa modal, tidak ada tekanan atau pembatasan bagi individu yang ingin merubah nasib dari pekerja menjadi pengusaha, seorang pekerja bisa ikut berbisnis tanpa meninggalkan pekerjaannya. Dalam bisnis online lepas dari pandangan ekstrim ekonomi monopoli dan pandangan ekstrim pemaksaan, sistem ekonomi yang dibangun dalam binis online adalah bisnis yang peduli pada perbaikan nasip diri sendiri dan perbaikan nasib orang lain tetapi tidak ada unsur monopoli dan pemaksaan atau pembatasan atas diri orang lain. Seorang pemegang modal besar dan menguasai teknologi bisa berbisnis dengan leluasa tetapi seorang pekerja juga bisa berbisnis untuk memperbaiki nasibnya.
 
STRATEGI BISNIS CAMPURAN ADALAH PALING MEMUNGKINKAN UNTUK BERBISNIS ONLINE
Yang dimaksud dengan berbisnis campuan disini adalah berbisnis atau bekerja secara konvensional dan pada saat yang sama juga berbisnis online. Sebab sebelum seseorang berbisnis online, ia harus memiliki bisnis konvensional atau pekerjaan secara konvensional yang sudah produktif atau memiliki penghasilan. Setelah memiliki bisnis konvensional atau pekerja secara konvensional, baru seseorang bisa menyusun strategi bisnis online. Sebab memulai bisnis online harus memiliki modal awal dan beaya operasional lanjutan.
Untuk mengoperasionalkan bisnis campuran harus pandai mengatur strategi hidup yang meliputi manajemen diri sebagai sumber daya manusia untuk bisa memiliki modal dan pengetahuan atau keterampilan. Untuk memiliki modal harus menabung, sedangkan untuk memiliki pengetahuan dan keteramplan harus belajar, untuk bisa belaja harus memiliki waktu dan juga biaya. Misalnya belajar lewat internet harus punya beaya untuk mengakses sedangkan belajar lewat buku harus memiliki beaya untuk membeli buku.
Caranya buatlah pembukuan untuk mengatur keuangan dan jadwal kegiatan untuk mengatur kegiatan.
Sebagai contoh: misalnya anda seorang pria atau wanita lanjang yang bekerja secara konvensional atau pengusaha yang memiliki penghaslan Rp.900.000,/bulan
 
 
Contoh pembukuan mengatur keuangan
 
NO
Pemasukan
Pengeluaran
1
Gaji/penghasilan
Rp. 900.000,-
Tabungan untuk opersional bisnis online
 
Beaya hidup
 
Tabungan untuk rencana memproduksi web site sendiri
Rp.  150.000,-
 
Rp.  600.000,-
 
Rp.  150.000,-
Jumlah
Rp. 900.000,-
Jumlah
Rp.  900.000.-
 
 
Berikutnya adalah contoh membuat jadwal kegiatan
 
JAM
04.00/05.00
07.00/16.00
17.00/19.00
19.00/21.00
21.00/22.00
Hari
 
 
 
 
 
Senin
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Selasa
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Rabu
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Kamis
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Jum'at
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Sabtu
Berdoa
Bekerja
Mengakses internet
membaca buku
Berdoa
Minggu
 
 
 
 
 
 
Tabel diatas hanya sebagai contoh saja namun dalam implementasinya sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan anda.
 
Setelah anda memiliki tabungan di bank dengan saldo minimal Rp.350.000.-, anda sudah bisa memulai bisnis online. Sebelum anda bisa memproduksi sendiri, pakailah produk orang lain dengan cara membeli web site yang sudah jadi sebagai contoh web site formulabisnis anda bisa beli lewat URL.  http://www.formulabisnis.com/?id=sudiman  anda langsung bisa bertransaksi disini seharga Rp.250.000,- dan langsung anda operasikan.
 
Untuk mengoperasikan, anda bisa mengutip strategi keuangan pengelolaan bisnis online setelah anda beli web site formulabisnis seperti dibawah ini
 
NO.
Pemasukan
pengeluaran
1
Tabungan opersional
Rp. 150.000,-
Iklan Domain web site yang dikelola
Rp.   50.000,-
2
Tabungan investasi rencana produksi web site
Rp. 150.000,-
Beaya akses internet
Rp.   90.000,-
 
 
 
Tabungan untuk beli buku
Rp.   10.000,-
 
 
Rp. 300.000,-
 
Rp. 150.000,-
Sisa tabungan perbulan untuk rencana produksi web site sendiri
 
Rp. 150.000,-
 
Tabel strategi mengelola keuangan bisnis online ini hanya sekedar contoh untuk lebih detail anda bisa menyusunnya sendiri.
 
Berikan komentar tentang artikel ini.
 
Kirimkan Kode E-mail anda serta data pribadi anda ke e-mail: sudimansip@yahoo.com untuk bisa penulis kunjungi, atau lewat gmail: sudimansip@gmail.com atau lewat NO.HP 081329197074 atau No.HP 08812758769

Tidak ada komentar:

Posting Komentar