Cari Blog Ini

Selasa, 30 Maret 2010

SENSUS PENDUDUK 2010 (SP2010) UNTUK KWALITAS PENDUDUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK

Sensus Penduduk 2010 (SP2010) untuk kwalitas penduduk Indonesia yang lebih baik

Oleh: Matius Sudiman, S.IP, S.Th

Sumber Informasi dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk Indonesia serta pengumpulan informasi keadaan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan penduduk yang tinggal diseluruh wilayah Indonesia baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Petugas sensus akan mendatangi satu per satu tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan dan sebagai bukti telah disensus, setiap rumah/bangunan akan ditempel stiker SP2010, petugas sensus akan melakukan pendataan antara tanggal 1 sampai dengan 31 Mei 2010, dan petugas sensus tidak memungut beaya apapun.

Tujuan Sensus Penduduk adalah menghitung jumlah penduduk Indonesia serta mengumpulkan informasi keadaan sosial ekonomi, dan kesjahteraan penduduk yang tinggal di seluruh wilayah Indonesia baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA)

Manfaat dari Sensus Penduduk diperlukan untuk menggambarkan keadaan dan kualitas penduduk Indonesia. Data Sensus Penduduk akan bermanfaat untuk merencanakan pembangunan diberbagai bidang

Daftar pertanyaan yang ditanyakan antara lain:
- Nama, umur, jenis kelamin, status perkawinan, agama, suku bangsa, bahasa sehari-hari, status dan tingkat pendidikan, dan keterangan mengenai ketenagakerjaan.
- Keterangan rumah tangga: peristiwa kelahiran dan kematian, serta penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi.
- Kondisi dan fasilitas perumahan: sumber penerangan, sumber bahan bakar, sumber air minum, fasilitas kamar mandi, dan status kepemilikan tempat tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar