Cari Blog Ini

Rabu, 31 Maret 2010

PELUANG BISNIS SHUTTLECOCK (KOK) DARI PRODUK HOME INDUSTRI, PENDAUR ULANG HINGGA PRODUK BERLABEL STANDART INTERNASIONAL

Peluang bisnis Shuttlecock (Kok) dari produk home industri, pendaur ulang hingga produk berlabel standar internasional

Penulis. Matius Sudiman, S.IP, S.Th

Shuttlecock (Kok) adalah bola terbuat dari bulu ayam atau itik berwarna putih mulus untuk bola dalam olah raga Bulu Tangkis (Badminton). Permintaan kebutuhan Shuttlecock (Kok) oleh para pecinta olah raga Bulu Tangkis hampir tidak pernah mengalami penurunan pada musim panas kecuali pada musim hujan sedikit mengalami penurunan. Akibat perminatan kebutuhan Shuttlecock oleh para pecinta olah raga Bulu Tangkis akan berdampak pada kinerja para pengusaha produksi Shuttlecock. Pengusaha Shuttlecock di wilayah Serengan memeliki kapasitas dan omset yang bervariasi seperti produk home industri tingkat pemula, home industri senior dan produk daur ulang, hingga produk berlabel standart internasional.

Home Industri tingkat pemula.

Adalah pengrajin dengan modal sendiri dan dkerjakan sendiri dengan dibantu anggota keluarga dengan alat manual dan dikerjakan secara manual, cara pemasarannyapun tidak langsun kepada pemakai atau toko olah raga tetapi dipasarkan dalam keadaan belum berlabel dan belum di finising dibeli oleh pengusaha pemilik label.

Home industri senior.

Pengusaha ditingkat ini memiliki modal cukup besar dan mempekerjakan banyak karyawan atau dikerjakan oleh pekerja borongan (pengerja sanggan) yang dikerjakan dirumah, kemungkinan sudah memiliki label atau belum memiliki label dalam pemasarannyapun bisa produk jadi dan berlabel atau belum berlabel yang disetor kepada pengusaha berlabel.

Pendaur Ulang

Adalah pengrajin Shuttlecock daur ulang dari bahan dasar Shuttlecock bekas habis dipakai yang dikumpulkan dan diproduksi kembali  menjadi Shuttlecock baru, cara pemasarannya kurang lebih sama seperti home industri tingkat pemula.

Produk berlabel standart internasional

Adalah pengusaha Shuttlecock berskala besar bermodal besar memiliki banyak karyawan dan pengerja sanggan (borongan) yang sangat banyak. Pengusaha pada tingkat seperti ini memiliki label dengan hak paten. Dalam pemasarannya menjangkau luar kota bahkan memiliki peluang dipasar internasional.

Para pelaku usaha yang dicontohkan diatas adalah pelaku ekonomi penopang ketahanan perekonomian nasional yang bergerak dalam perekonomian di sektor non formal.

8 komentar:

  1. boleh minta alamat+nama pengrajin kok merk Internasional?

    BalasHapus
  2. mohon alamat dan nama pengrajin kok merk Internasional !

    BalasHapus
  3. apabila membtuhkan shuttlecock tanpa label mulai dari yang kelas 1,2,3 dan super bisa hub saya... wa 08113651825

    BalasHapus
  4. Cari merk kok internasional...minta alamatnya dong

    BalasHapus
  5. saya lagi mencari penerima kok bekas.wa 082218410801

    BalasHapus
  6. lagi mencari peneeima cock bekas yg siap tampung trus menerus.cock papak bulu entog bekas.min patah 1/2/3.wa 082218410801

    BalasHapus